IKLAN HARI INI

Saturday, March 15, 2008

KEKURANGAN VITAMIN D LEBIH MEMUNGKINKAN TERKENA TUBERKULOSIS

Orang dengan tingkat vitamin D rendah lebih mungkin mengalami tuberkulosis (TB) dibandingkan mereka yang tingkat vitamin D-nya cukup. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Infectious Diseases edisi 1 Februari 2008. Untuk penelitian ini, Katherine Gibney dari Royal Melbourne Hospital dan rekan melakukan tes pada 375 orang dari Afrika sub-Sahara yang diobati di rumah sakit di Melbourne, Australia, antara 2003 dan 2006. Para peneliti ini menemukan kekurangan vitamin D pada tingkat sedang hingga krisis di antara 78% orang yang TB dibandingkan mereka yang sebelumnya pernah TB.
“Vitamin D yang rendah dikaitkan dengan kemungkinan peningkatan infeksi primer dengan Mycobacterium tuberculosis dan juga begitu terinfeksi, dikaitkan dengan kemungkinan mengembangkan TB aktif,” Gibney mengatakan. Menurut para peneliti, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D lebih mungkin mengembangkan TB aktif, tetapi penelitian ini adalah yang pertama menunjukkan bahwa hal yang sama berlaku terhadap TB laten.
Para peneliti menyarankan agar para dokter mempertimbangkan suplemen vitamin D sebagai cara untuk mencegah dan mengobati TB. Sumber :healt news

No comments:

IKLAN HARI INI

Slide.com

Picturetrail

Hosting review!