IKLAN HARI INI

Wednesday, February 7, 2007

Pola Hidup Tidak Sehat Rusak Sperma


Merokok dan minum minuman beralkohol memang telah diketahui berpengaruh buruk pada kesehatan. Dan bagi pria, ada kerugian tambahan yang ditimbulkan dari rokok dan alkohol karena dapat mempengaruhi kualitas spermanya.
Pria yang merokok dan juga minum minuman beralkohol akan mempunyai semen yang lebih sedikit, konsentrasi sperma yang lebih rendah dan persentase sperma aktif juga lebih kecil. Tapi hal ini hanya timbul pada pria yang merokok dan juga minum minuman beralkohol, tapi tidak pada pria yang hanya merokok saja atau minum minuman alkohol saja.
Penelitian terhadap 4.000 pria yang berusia antara 29-36 tahun, yang ditanyakan dengan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, dan analisa dari cairan semen mereka. Terlihat bahwa pria yang merokok dan juga minum minuman beralkohol mengalami perubahan pada kualitas semennya, yang mana tidak terlihat pada pria yang tidak merokok dan minum minuman beralkohol.
Pria yang minum anggur kurang dari 500 ml perhari atau kira-kira 3 gelas sehari, akan memperlihatkan risiko pada semen yang sama dengan pria yang minum lebih banyak. Dan pria perokok yang menghabiskan kurang dari 20 batang rokok setiap hari memperlihatkan risiko yang serupa dengan pria perokok yang lebih berat.
Merokok dan minum minuman beralkohol bersama-sama akan berefek sinergis, dimana efek yang satu akan memperkuat efek lainnya.
Kelainan pada sperma ini tidak membuat seorang pria sehat menjadi mandul, tapi pada pria yang telah mempunyai masalah kesuburan sebelumnya, dapat menimbulkan keadaan yang lebih buruk lagi, dapat mengurangi kesuburannya bahkan dapat menyebabkan mandul.
Sumber: Jurnal Fertility and Sterility

No comments:

IKLAN HARI INI

Slide.com

Picturetrail

Hosting review!